Menu Tutup
Mengenal Memphis Desain Interior yang Kembali Hits

Mungkin desain interior ala post-modern masih terdengar asing di Indonesia khusunya di kalangan desain interior Palembang. Selama ini gaya desain yang dikenal di Indonesia adalah minimalis, modern, tradisional, kontemporer atau bergaya eropa. Lalu seperti apa gaya desain post modern ?

Gaya post-modern berkembang sekitar tahun 1970an dan 1980an. Pada prinsipnya desain ini menampilkan sisi yang yang maksimal dari suatu ruangan, artinya mengedapankan kontradiksi dan kompleksitas. Ciri spesipik dari gaya ini adalah menyoroti dan menonjolkan garis lurus pada furniture dan arsitektur, dekorasi minimalis, sederhana, memiliki fungsi yang tinggi dan penjajaran dan kontras pada elemen desain.

Desain post-modern

Bicara desain post-modern tidak lepas dari kepopuleran karya desain kolaboratif dari desainer Italia Ettore Sottsass yaitu The Memphis Style. Karakteristik umum dari The Memphis Style adalah menampilkan suasana runag yang meriah dan damai. Sedangkan ciri khas gaya The Memphis Style adalah pilihan warna yang cenderung tebal dengan kombinasi yang rumit dan unik. Selain itu gaya desain ini biasanya menampilkan garis dengan motif kulit hewan atau motif berbagai jenis bunga.

Warna-warna yang biasa digunakan dalam desain Memphis style adalah warna-warna cerah seperti waran merah, biru, merah muda, hijau ataupun kuning. Namun warna hitam juga sering digunakan untuk mempertegas warna yang digunakan pada setiap elemen.

Perlu diketahui bahwa desain lama yang kembali hits ini tidak hanya digunakan pada bidang desain interior saja. The Memphis Style banyak diaplikasikan diberbagai bidang seperti desain website, desain fashion dan juga desain grafis dan cetak. Itulah gambaran mengenai The Memphis Style sebuah gaya desain ala post-modern.

Sebenarnya ada banyak gaya desain post modern semisal Klasik Modernisme sebuah desain anggun dari yunani kuno. Kemudian ada Desconstruktivisme yaitu desain unik dan aneh, salah satunya karya Frank O. Gehry yang menekankan pada bentuk dan desain tanpa memikirkan aturan structural normal.

Ada juga hight Tech Style yang menekankan elemen industry dan structural. Akan tetapi, dari beberapa gaya post-modern itu, The Memphis Style menjadi yang paling popular di kalangan masyarakat.

Albaari Interior Palembang siap membantu anda membuat atau pun memperbaiki penampilan rumah Anda, memperkuat karakter rumah anda. Layanan Albaari meliputi Desain & Pembuatan Furniture untuk :
  • Ruang Tamu & Keluarga
  • Ruang Makan & Dapur
  • Kamar Tidur Utama & Anak
  • Kantor / Ruang Kerja
  • Lantai Parquet