Menu Tutup
perbedaan arsitek dan desain interior

Apasih Perbedaan Arsite dan Desain Interior?

banyak orang terkadang tidak bisa membedakan antara arsitek dan designer interior. Paling sering ditemukan, orang sering berpikir bahwa peran designer interior bisa dilakukan oleh seorang arsitek atau sebaliknya. Padahal kedua profesi ini memiliki focus dan tanggungjawab yang berbeda. Untuk itu, sebelum kalian mencari penyedia jasa arsitek atau designer interior kenali dulu fungsi, tanggung jawan dan fokus kedua profesi ini.

Arsitek

Berdasarkan Wikipedia, arsitek adalah seorang ahli di bidang arsitektur, ahli rancang bangun dan ahli lingkungan binaan. Seorang arsitek merupakan individu yang unik secara pemikiran. Profesi ini menghasilkan pribadi yang memiliki pemikiran kalkulatif dan logika yang kuat. Terkait dengan tugasnya, seorang arsitek melakukan perencanaan, yaitu merancang konstruksi bangunan, biaya yang dibutuhkan, waktu yang diperlukan serta bahan yang akan digunakan. Selain itu, seorang arsitek juga melakukan pengawasan terhadap konstruksi dari bangunan yang telah ia rancang.

Designer Interior

Designer interior merupakan seorang yang ahli dalam perencanaan tata letak dan rancangan ruang dalam, di dalam sebuah bangunan. Seorang designer interior adalah orang yang memiliki kemampuan spasial yang kuat serta segudang ide dan keterampilan dalam merancang estetika ruang. Cara kerja designer interior diawali dengan berkonsultasi dengan penggunan jasa lalu menciptakan sebuah rancangan atau gambar design yang fungsional. Setelah desain atau rancangan disetujui, barulah seorang designer interior meciptakan ruang tersebut.

Lalu seperti apa perbedaan kedua profesi ini ? padahal sama-sam menciptakan ruang dengan perencanaan.

Perbedaan (Arsitek & Desain Interior)

Pada dasarnya baik arsitek maupun designer interior mempunyai tujuan yang sama, yaitu mempercantik sebuah ruang. Akan tetapi pada dasarnya kedua profesi ini memiliki perbedaan yang mendasar. Seorang arsitek merancang eksterior dan interior yang dibangun, sedangkan seorang designer interior fokus menambah nilai estetika dari ruang yang dibangun. Jadi, kedua profesi pada hakikatnya saling berhubungan erat dan saling berkesinambungan.

Setelah mengetahui definisi serta tugas dan peran dari seorang arsitek dan designer interior anda sudah bisa menentukan apa yang anda butuhkan untuk rumah yang diinginkan. Saat ini sangat mudah menemukan arsitek maupun designer interior. Kalian hanya perlu mengetik keyword design interior Palembang, Jakarta dan sejenisnya melalui internet maka akan banyak muncul penyedia jasa desain interior.

Albaari Interior Palembang siap membantu anda membuat atau pun memperbaiki penampilan rumah Anda, memperkuat karakter rumah anda. Layanan Albaari meliputi Desain & Pembuatan Furniture untuk :
  • Ruang Tamu & Keluarga
  • Ruang Makan & Dapur
  • Kamar Tidur Utama & Anak
  • Kantor / Ruang Kerja
  • Lantai Parquet

Related Posts